Minggu, 27 September 2009

YEN-YEN









Kalau saya pergi ke suatu tempat entah itu lagi traveling, study tour, diklat atau pergi ke resepsi kawinan teman yang jauh (atas nama friendship, waktu dan biaya bukanlah suatu masalah..hiks) pasti ada aja yang nitip (lebih tepatnya nodong...:p) oleh2 atau buah tangan.

Nah yang umum dan wajar serta bisa dinikmati bersama tentu saja penganan atau kudapan yang khas dari daerah setempat.

Ketika awal-awal bergabung menjadi transmigran karena kerjaan di propinsi paling ujung Sumatera ini, setiap mudik ada aja yang nagih secara sukarela sang buah tangan tersebut. Walaupun dengan susah payah bin kerepotan, saya berusaha memenuhi permintaan fans2 dadakan yang ada maunya tersebut^-^

Di kota Bandar Lampung tentu saja terdapat berbagai departement store atau toko penjual oleh2 yang tersebar di berbagai tempat. Tetapi ada satu toko kecil (sumpek, sesak ditambah tulisan tidak buka cabang lagi..) yang sangat terkenal. Namanya Toko Yen-Yen. Gak tau deh kenapa toko itu menjadi rebutan orang-orang untuk borong oleh2 (tak terkecuali atasan saya yang dibela-belain menempuh satu jam perjalanan dari kota Metro ke Bandar Lampung untuk borong dan mau berepot ria nenteng-nenteng kardus padahal menempuh 2 kali perjalanan terbang ke Jogja..he..he) dibandingkan dengan toko2 yang berjajar di kanan-kiri toko Yen-Yen yang relatif sama isi jualannya bahkan dengan display penyajian barang yang lebih menarik.

Di toko yang berlokasi di daerah Gudang Garam ini, pastinya tersohor dengan penganan khas Lampung yaitu :
  1. Kripik pisang yang terbalut dengan beragam Merk dagang. Biasanya tersedia dalam 4 rasa yang gurih dan renyah : asin, manis, coklat dan keju. (saya sendiri belakangan ini telah menemukan berbagai varian baru yaitu pedas dan strawberry.Hi..hi buah kok rasa buah.).
  2. Sambal goreng udang (yang harga dan isi dalam kemasannya amit-amit gak worthy)
  3. Lempok durian (Favorit keluarga saya yang rawan jamuran kalo gak dimasukin kulkas)
  4. Dodol Duren (Lebih murah tapi my mommy tidak bisa diboongi kalo lempok kesayangannya diganti dengan ini he..he)
  5. Kopi Lampung (yang terkenal sih Kopi bubuk Sinar Baru cap Bola Dunia, tapi kalo mau yang lebih mantap silakan menyelusuri pedalaman pasar Cendrawasih di kota Metro untuk menemukan kopi cap Kuda)
  6. Manisan buah, emping pedas manis, teh celup Gunung Dempo, Kacang senyum dan masih banyak lagi.
Toko ini bahkan tak mau kalah dengan Pizza Hut yang mempunyai layan antar (bahkan antar pulau seperti ke Jakarta). so kalau ke Bandar Lampung boleh deh mampir ke Toko Yen-Yen, Jl Ikan Kakap No. 86 Teluk Betung Bandar Lampung; 0721 482192; Buka setiap hari jam 07.30-21.00.

Note: This review is dedicated to Mutia (sory...for this lebaran. Tenang aja Kripik Pisang Coklat spesial Merk arjuna will be delivered to your home.soon..he..) and Mr Danang Proboandono (Boleh pak sering2 nemenin borong asal ditraktir aja..).

3 komentar:

  1. Ijin share ya Mas... Calam Kenal... ^^;

    BalasHapus
  2. Permisi gan, kalo ke Lampung jangan lupa mampir ke toko Aneka Sari Rasa, toko oleh-oleh produk Lampung terbesar nih gan, yang menjual produk-produk lampung hasil produksi sendiri seperti keripik pisang, sambal, lempok, dll. Dan dibandrol harga yang sesuai dengan kenikmatan yang agan-agan dapatkan. Aneka Sari Rasa beralamat di JL.Ikan Kakap no.26 & 28, Bandar Lampung, Depan Klenteng Teluk Betung. telp. (0721)-5630988, fax. (0721)-5630988, WA: 082388688868, IG:@anekasarirasa, email:anekasarirasa@yahoo.com, fb:aneka sari rasa, twitter:@anekasarirasa.

    BalasHapus