Sabtu, 04 Februari 2012

Batik Lampung






batik kain sutra



batik kain sutra




tenun



batik kain dobby



batik kain katun





Awalnya seorang teman bernama Ariesna (memang nama sebenarnya) meminta tolong untuk membelikan batik untuk dibawanya pulang ke Jawa Tanah Impian sebagai souvenir dari Lampung untuk sanak saudara dan handai tolannya. Batik? apa tidak salah? bukannya Jawa itu adalah pusatnya batik?

Berbagai pertanyaan tadi terhapus ketika saya mengunjungi Batik Metro, salah satu tempat yang menyediakan berbagai macam batik dengan corak khas Lampung. Rupanya si Ariesna mengetahui lokasi Batik Metro dari situs ini , dan ternyata jaraknya cuman sepelemparan kutang jualan ibu dari tempat domisili saya di Lampung.. haha... dan sering saya lewati ketika mau beli jus di tempat gaulnya ABG kota Metro.

Batik Metro merupakan salah satu outlet dari Batik bermerk Gabovira, produsen batik yang mempunyai spesialisasi untuk menghasilkan batik dengan motif ragam hias Lampung. Berbagai hal yang identik dengan daerah Lampung telah ditorehkan dengan manis dalam lembaran kain oleh Gabovira. Sebagai contoh adalah Gajah. Hewan yang identik dengan kata Lampung ini telah berpose berkali-kali dengan variasi gaya yang menarik. Begitu pula dengan Siger, mahkota yang biasa bertengger di kepala pengantin perempuan ini menjadi tanda yang paling mudah dikenali sebagai asal daerah tempat batik ini. Motif lain yang tersedia adalah Jung (Kapal), berbagai ornamen dalam kain tenun Tapis, Menara Siger, dan sebagainya





batik katun primis





Batik Metro terbagi dalam 3 jenis kain yaitu: Sutra, Dobby, dan Primis. Terkadang dalam produksinya, jenis kain ini berkembang menjadi beberapa subjenis. seperti semi sutra, atau dobby dua kali proses warna yang dikenal dengan istilah diumpluk. Hasil dari proses umpluk membuat kain seperti ada alur-alur coretan iler kalau kita tidur hehe.. Untuk harganya relatif terjangkau bagi kantong. Dengan kisaran IDR 80.000 per potong untuk kain Primis, IDR 90.000 untuk kain dobby, dan IDR 185.000 untuk kain Sutra, memudahkan anda untuk memilih sesuai keinginan. Harga tersebut ditambah IDR 10.000 untuk kain yang diumpluk.





batik printing pabrik


Dari yang saya jumpai di toko, kebanyakan kain yang dipajang adalah batik dengan metode cap. Ada juga kain meteran hasil printing pabrik dengan kisaran harga IDR 55.000 s/d IDR 65.000. Dari situsnya tertulis bahwa Gabovira menyediakan juga untuk jenis tulis. Perbedaan metode pembatikan itu memudahkan konsumen untuk memilih. Bahkan mereka juga menerima pesanan untuk partai besar dengan desain hasil karya mereka sendiri atau desain buatan pemesan. Terbukti dengan berbagai instansi di Lampung telah mempercayakan pesanan batik pada mereka untuk dibuat seragam.






Bertambah satu alternatif lagi bagi anda untuk membawa cenderamata khas Lampung ketika berkunjung bukan? tak hanya melulu keripik pisang atau kain Tapis yang relatif mahal. Bagi anda yang ingin membeli batik Gabovira, selain Batik Metro tersedia juga di Super Store Chandra yang tersebar di beberapa kota dalam wilayah Lampung.








BATIK METRO

Jl. Kerinci I / No.25 - Kota Metro Lampung Indonesia

( Samping Masjid Al-Huda )



Tlp. (0725) 7003060 - 08127909499 ......Contact Person : EVI

Tlp. 081369062555 ........ Contact Person : ERIMAN





batik motif Siger dengan gradasi warna pelangi pilihan saya

17 komentar:

  1. mauuuuuu, bi'
    kok gak onok sing wes dadi, males njaitke ki
    due bakal 3 batik rung dijaitke ki
    meh dijait nang ndeso ae, murmer
    ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya ada kok, pas kesitu pas abis. Apa? masih 3 biji..padahal koleksi kemeja batik aja udah puluhan ya..bener2 duta batik temen sayah ini :)

      Hapus
    2. aku mei rencana ke lampung sih, bi, ada kondangan gitu
      jd pengin beli dehhhhh
      di bandar lampung ono rak? yen orak aku meh nitip koe ae, hahahahaha

      Hapus
    3. Gampanglah itu bisa diatur. klo di Bandar Lampung ada di Chandra Superstore..semacam Laris nya Lampung hehe

      Hapus
  2. kpn2 pgn tuku lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lho sekar... deket kok dari pekalongan :)

      Hapus
  3. Fendi Nurlaksono9 Mei 2012 pukul 12.04

    mas, ijin repost fotonya buat fb, cz temen2 saya nanyain batik lampung. salam kenal..mas kerja di kpp ya? saya di kppn kotabumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Fendi. Silahkan saja buat fbnya. Salam kenal juga :)

      Hapus
    2. baru sadar kalo ini blogmu mas...
      _Fendi KPPN Kotabumi_

      Hapus
    3. Hai Fendi, maen-maen sini lah.. hehe...

      Hapus
    4. Maen2 ke sini kemana mas? Ke metro? Jemput lah... Jauh, haha

      Hapus
    5. ke kpp ajalah. sambil bawa martabak juga boleh hehe

      Hapus
  4. Memiilih Souvenir Pernikahan Lampung untuk semua tamu undangan, anda sebagai seseorang yang memiliki hajat pernikahan harus memberikan sesuatu yang menarik kepada mereka. Ya, karena mereka telah menghargai anda dengan menghadiri undangan pernikahan anda, jadi anda juga harus menghargai mereka. Paling tidak cara termudah memberikan souvenir pernikahan.

    BalasHapus
  5. sayangnya Gabovira tidak melayani online :(

    BalasHapus
  6. ini metro nya daerah mna yaw, mksudnya 21, 38, atau apalah.kalau jalannya doank susah nyarinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo larita, ini depan jus kerinci chika jj...jadi jalan samping rs ahmad yani ke arah 21

      Hapus
  7. Batiknya bagus2, apa nama Instagram batiknya ya?

    BalasHapus