Minggu, 14 Oktober 2012

Shocking Japan : Dari Sumo Bayi Hingga Kit Kat segala Rasa



Bagi yang mau berleha-leha baca buku  ringan sebelum tidur sambil minum teh anget-anget, Shocking Japan : Sisi Lain Jepang yang Mengejutkan ini layak untuk dinikmati. Tak hanya menghibur, berbagai cerita di dalamnya mampu membuat anda mengenal sisi lain dari Jepang. Dari segi budaya hingga hal-hal kecil mengenai kehidupan sehari-hari.

Junanto Herdiawan, sang penulis yang juga seorang ekonom Indonesia yang tinggal di Tokyo ini awalnya menuliskan segala pengalaman dan pemikirannya di berbagai media cetak atau blog personalnya. Beberapa tulisan di buku ini pun dapat anda nikmati di blognya. Hanya saja setelah buku ini terbit, tulisan-tulisan itu dipotong dan ditambahi catatan : ….. kisah lengkap cerita ini bisa dibaca juga di buku “Shocking Japan: Sisi Lain Jepang yang Mengejutkan” . Gak mau rugi slash sekalian promosi rupanya.

Dengan gaya bahasa ringan mengalir ala Naked Traveler-nya Trinity (bahkan ada endorsementnya di sampul), lembaran demi lembaran Shocking Japan mampu membius saya untuk merampungkannya dalam sekali baca *tipis juga soalnya haha*.  Terdiri dari empat bagian, fakta unik mengenai masyarakat Jepang disajikan menarik tanpa harus mengerutkan dahi atau menimbulkan kebosanan bagi pembacanya. Di kata pengantarnya Junanto telah memberikan pagar  bahwa buku ini bukanlah tulisan akademis yang membahas manusia Jepang secara sosiologis dan antropologis dan tidak bermaksud memberikan penggambaran yang generalized tentang masyarakat Jepang  *Untunglah...kalo yang berat plus rumit sepertinya bukan genre saya hehe*

Bagian pertama adalah Tak Disangka-sangka. Di bagian ini ada cerita tentang sumo bayi. Baru tahu kan kalo ada pertandingan gulat Jepang atau Sumo versi bayi? dan parameter kemenangannya adalah kekerasan tangis sang bayi. Selain itu ada cerita tentang toilet bernyanyi. Japanese yang freak akan teknologi menciptakan toilet canggih yang terletak di tempat umum. Tak perlu mati gaya saat sedang buang hajat, musik klasik pun dapat dinikmati sembari menyamarkan bunyi hehe..Bener-bener tak disangka. ^^

Perlu Tahu, Nih! adalah bagian kedua. Penulis mengajak kita untuk mengetahui detail lain dari kebudayaan Jepang yang telah populer di dunia. Seperti Geisha yang tidak sama dengan Pekerja Seks Komersial karena perlu pendidikan bertahun-tahun dan perlu perjuangan yang tidak mudah untuk mendapat gelarnya. Bahkan kita diajak untuk mengenal sisi lain dari Mafia Jepang atau sering disebut Yakuza. Tak hanya berkaitan dengan dunia hitam, para yakuza ternyata berjasa dan rela mati dalam Kejadian krisis Nuklir di Fukushima layaknya para pengebor tambang di Film Armageddon

Kuliner Jepang dikupas tuntas di bagian ketiga : Bukan Kuliner Biasa. Dari sisi kuliner, sepertinya Orang Jepang memang tergila-gila dengan seafood. bahkan yang mentah sekali pun seperti sushi yang mendunia. Lihat saja cerita tentang nikmatnya ikan Fugu yang racunnya setetes aja bisa membunuh dua belas orang, hingga belut atau kepiting monster. Selain itu ada cerita tentang makanan ringan Kit-Kat yang telah menjadi buruan dan fenomena nasional di sana. Tak seperti di Indonesia yang hanya satu rasa, Kit Kat di Jepang tersedia hingga delapan puluh rasa. Tak heran kalo di instagram pun sekarang rame jualan online Kit-kat segala rasa dari Jepang (Berasa kacang segala rasa Bertie Bott Harry Potter ya?)

Bagian terakhir dari Buku ini adalah Belajar dari sini, Yuk!. Berbagai cerita di dalamnya patut untuk direnungkan dan diambil sisi positifnya untuk diaplikasikan dalam keseharian kita. Siapa sih yang tak mau maju seperti Jepang?

Apakah buku ini layak dibeli? Kalau anda suka dengan travelogue seperti Tales from the Road atau Naked Traveler series, buku ini wajib untuk anda sandingkan dalam satu rak di perpustakaan pribadi anda.

Selamat Membaca :)

Judul: Shocking Japan
Penulis: Junanto Herdiawan
Pages: 160
Penerbit: B First
Harga: Rp.34.000,-  di Gramedia 12 Oktober 2012



Tidak ada komentar:

Posting Komentar