Sabtu, 14 Januari 2012

Ms. Complaint's Theraphy : bukan keluhan biasa






Berawal dari tahu link situsnya di blog naked traveler, kemudian suka baca-baca, akhirnya saya musti punya buku ini sebagai apresiasi terhadap Ms. C!. Salah satu blog yang bisa bikin saya manggut2 setuju tiap selesai membaca salah satu postingannya.


Apa sih isi bukunya? si Ms.C ini *demikian ia menyebut dirinya* membuat tulisan-tulisan ringan tentang pengaduannya dalam mengekspresikan rasa ketidakpuasannya terhadap suatu hal tertentu, gagasan atau perilaku orang. Keluhannya sendiri mengenai seputar masalah umum sehari-hari yang tidak dipikirkan orang banyak, tetapi dialami setiap orang dengan harapan pembaca akan menjadi lebih baik


Sebagai contoh adalah ketika Ms.C membahas mengenai pentingnya personal space, semisal berdiri terlalu dekat saat antri ATM atau berada di lift, atau kebiasaan orang-orang yang suka nitip oleh-oleh pada rekan atau keluarga yang sedang bepergian tanpa memperhatikan apakah malah menyusahkan yang dititipin ketika berusaha memenuhinya.



Menilik isi back covernya :



Buku ini adalah tempat pengaduan Ms.C! Dia beberkan rasa tidak puasnya terhadap sesuatu dengan lugas tetapi humanis. Ms.C! menunjukkan bahwa komplain bukan sekedar nyinyir, tapi sebenarnya peduli. Selain membuat kita gemas dan tertohok, buku ini juga kan membuat kita ngakak sekaligus becermin. Jangan-jangan salah satunya kita?



Buku ini dibagi menjadi 7 bagian. Berikut beberapa cerita dari masing-masing bagian yang saya suka:


1. Complain Therapy.
Pada bagian ini ada cerita tentang "Mulut Asbak" yang menyikapi tentang budaya merokok di sekitar kita. Sebagai seorang perokok, Ms. C selalu berusaha menjadi perokok sopan yaitu istilahnya mengenai menghormati orang lain, terutama terhadap non perokok. Ada juga tentang "Say No to Shark Fin Soup" yang mengupas tentang sup siriph ikan hiu yang fenomenal tetapi hanya berbungkus mitos kuno mengenai khasiat yang terkandung alih-alih mengakibatkan angka kepunahan hiu yang semakin membesar.


2. Check Your Attitude!
Punya teman dengan bau badan tapi tak ada yang berani memberi tahu? baca tentang "Aromaterapi" :)

3. Komunal

Orang Indonesia apabila mengadakan pesta pernikahan pasti setipe: besar-besaran, ramai, tapi membosankan karena mudah ditebak tapi tetap diadakan karena tidak mau kalah dengan lingkungan sekitar karena sudah menjadi hal yang wajar bin lumrah. Intip pemikiran Ms. C tentang hal ini di "Pesta Kondangan 123".


4. Libur T'lah Tiba

Tips-tips traveling yang berguna secara tersirat disajikan di bagian ini. "Mana oleh-oleh" adalah tips yang bermanfaat bagi saya.

5. Social Media

Hari gini tanpa social media? bisa mati gaya..hehe. Cerita "Gadget Freak" menyentil orang2 yang cuman ikut-ikutan atau bergaya doang menbeli gadget yang tercanggih dan termutakhir, tanpa menyesuaikan dengan asas manfaat secara optimal.

6. Yang Waras Ngalah!

Cerita " BMWvsBBM" akan menyindir si pemilik Alphard yang ikutan ngantri di premium bersubsidi. Berani punya? ya harus berani berkorban dong yaaa :)

7. Work Smart

Penampilan kita dalam bekerja selalu menjadi salah satu tolak ukur akan kecakapan kita. Benar atau salah, ungkapan Kesan Pertama Begitu Menggoda memang selalu tercipta. Ms.C memberikan panduan yang tepat dalam "Dress for Succes"


Overall buku ini layak menjadi bacaan ringan, dan patut untuk direnungkan sebagai pembelajaran untuk bersikap dan bertindak yang lebih baik. Sebenarnya saya agak kecewa karena buku ini sebagian besar diambil dari http://mscomplaint.com/ Tetapi kekecewaan itu lebih berdasar pada keinginan untuk menikmati tulisan-tulisan Ms. C lebih banyak dan lebih baru.


ps: dari buku ini saya nemuin padanan LOL yaitu KAK (Ketawa Amat Keras)... hehe


Judul : Ms.Complaint's Theraphy
Penulis : Ms.C
Penerbit : B First
Halaman : 254

Gramedia Lampung, 25 Desember 2011, IDR 47.000







2 komentar:

  1. Thank you soooooo much, Bee! What a nice review! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah... suatu kehormatan nih, bisa dikunjungi Ms.C, keep writing yaa.. *lonjak2seneng dikomenin penulisnya*

      Hapus